Mengatasi Komentar SPAM di WordPress dengan Disqus

4
Mengatasi Komentar SPAM di Wordpress dengan Disqus

Mengatasi Komentar SPAM di WordPress bisa dilakukan dengan memasang komentar Disqus. Mengatasi komentar SPAM adalah tugas bagi pemilik situs wordpress. Sebuah situs bisa dikatakan berkualitas jika terhindar dari berbagai jenis SPAM.

Fasilitas kolom komentar merupakan fasilitas website atau blog untuk bisa berinteraksi antara pemilik blog dengan pengunjung. Dengan kata lain, antara penulis dan pembaca akan terhubung melalui kolom komentar.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan kolom komentar default akan menjadi sasaran utama Spammer. Sebagai pemilik blog, sudah pasti kita ingin blog tampil terbaik di search engine dan bersih dari spam.

Saat ini, kolom komentar yang ingin digunakan tergantung dari minat pemilik situs itu sendiri. Ada berbagai jenis kolom komentar yang bisa digunakan seperti kolom komentar Jetpack, Kolom komentar Facebook, dll.

Jika menggunakan wordpress, kolom komentar telah tersedia pada bagian akhir postingan. Namun, untuk mengatasi komentar SPAM, biasanya para pemilik situs menggunakan komentar Disqus sebagai penangkalnya.

Istilah SPAM adalah sebuah terminologi baru yang tercipta di belantara dunia maya. Dalam kamus Oxford SPAM diartikan sebagai sebuah pesan yang tidak relevan, tidak berguna atau tidak diminta, yang dikirim lewat internet, biasanya langsung ke sejumlah besar pengguna, untuk kepentingan iklan, pengelabuan (penipuan), untuk menyebarkan perusak perangkat dan sebagainya.

Sedangkan Spammer adalah Orang yang sering menyebar spam. Kita bisa saja menjulukinya sebagai penyebar sampah. Biasanya, spammer adalah orang yang iseng dengan mengirimkan banyak pesan atau komentar dengan nada yang sama yang dikirimkan secara bertubi-tubi di sebuah komentar.

Spamming juga jamak dilakukan para pelaku bisnis online untuk menginformasikan produk atau jasanya agar dikenal lebih banyak orang dan mendatangkan lebih banyak pembeli.

Apa pun itu, spammer tetap dibenci banyak orang. Melakukan spamming di kolom komentar dapat mengakibatkan anda ?dibanned? oleh admin.

Baca Juga:
1. Kelebihan Menggunakan Komentar Disqus
2. Menghapus Kolom URL Di Kotak Komentar WordPress
3. Cara Menghindari Komentar SPAM di WordPress

Komentar Disqus hadir sebagai salah satu solusi untuk mengatasi komentar SPAM di wordpress. Selain itu, berbagai kelebihan komentar disqus bisa anda nikmati hanya dalam satu akun.

Jika anda sering melakukan blogwalking, anda akan menemukan banyak situs yang menggunakan komentar disqus. Tak ada perbedaan antara komentar disqus yang diterapkan di blogger maupun komentar disqus yang diterapkan di wordpress. Kehadiran komentar disqus tentunya sangat menambah profesionalitas sebuah situs, juga dilengkapi dengan fitur untuk mengatasi komentar SPAM.

Untuk mengatasi komentar SPAM di WordPress dengan menggunakan komentar Disqus, ada beberapa trik yang bisa diterapkan, yaitu:

Menandai Sebagai “SPAM”

Jika anda mendapatkan komentar yang tidak sesuai dengan Comment Policy situs anda, maka pastikan untuk menandainya sebagai komentar SPAM. Ada banyak yang bisa dimasukkan kedalam komentar SPAM seperti komentar kasar, menyinggung, atau tidak menyenangkan, atau juga bisa dengan langsung menghapusnya saja.

Anda dapat menandai komentar sebagai spam dari panel Moderasi, klik spam dibawah komentarnya, atau bisa dari pemberitahuan email.

Lakukan Moderasi Komentar

Melakukan moderasi komentar sebaiknya dilakukan untuk menyaring semua jenis komentar yang masuk. Anda bisa memilih untuk menyetujui komentar yang baik dan menandai sebagai komentar SPAM untuk kementar yang tidak pantas atau tidak relevan dengan isi postingan.

Untuk melakukan ini, anda bisa mengatur pada:

Disqus Admin > Engage > Community Rules.

Mengizinkan Komentator

Mencegah komentar SPAM dengan komentar Disqus adalah salah satu cara yang ampuh. Komentar Disqus memiliki fitur untuk mengizinkan orang tertentu.?Dengan mengendalikan siapa yang berkomentar di situs anda, anda dapat mencegah spam atau komentar yang tidak diinginkan lainnya untuk public di situs Anda. Anda dapat melihat opsi ini di Disqus Admin > Engage > Community Rules.

Blacklist dan Whitelist

Disqus menawarkan fitur Blacklist dan Whitelist. Setelah menandai komentar sebagai spam, Anda dapat menambahkan komentar ke daftar hitam (blacklist). Atau, Anda bisa memerlukan pra-moderasi pada semua komentar dan kemudian menambahkan komentator terpercaya untuk daftar putih Anda. Engage > banned users > add item

Laporkan Spam untuk Disqus

Anda dapat berkontribusi untuk mencegah komentar SPAM di wordpress dengan melaporkan komentar SPAM yang tidak terdeteksi otomatis pada komentar Disqus melalui Spam Report.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here