Mengenal Fair Usage Policy (FUP) Pada Layanan Indihome

0
8
Mengenal Fair Usage Policy (FUP) Pada Layanan Indihome

Fair Usage Policy (FUP) – Layanan Internet IndiHome kini banyak digemari masyarakat Indonesia. Selain harganya yang bisa dibilang terjangkau, Layanan internet Indihome kini sudah menggunakan jaringan kabel Fiber Optik yang membuat jaringan internet lebih cepat dan stabil.

Dulu, Layanan Indihome dikenal dengan istilah Speedy. Namun layanan speedy hanya menggunakan kabel tembaga dan belum menggunakan jaringan fiber optik sehingga jaringan speedy terbilang sangat lambat dibandingkan dengan jaringan internet Indihome saat ini.

Jika anda ingin menggunakan layanan IndiHome dirumah, biasanya anda harus ke kantor telkom mendaftarkan pemasangan baru. Nah petugas Telkom akan menjelaskan tentang harga paket dan biasa serta memeriksa ketersediaan jaringan fiber optik di wilayah anda. Namun, biasanya ada satu hal yang tidak mereka jelaskan pada pelanggan baru yaitu ketentuan Fair Usage Policy atau disingkat (FUP).

Jika kita mengartikan dari bahasanya kurang lebih diartikan sebagai “Kebijakan Penggunaan”. Penggunaan yang dimaksud disini adalah penggunaan kuota internet Indohome. Jadi FUP bisa kita artikan sebagai pembatasan kuota indihome. Jadi sebelum berlangganan indihome perlu anda ketahui dulu apa itu Fair Usage Policy sehingga tidak ada kekecewaan dikemudian hari.

Baca Juga: Manfaat Internet Bagi Mahasiswa dan Masyarakat Umum

Setelah ditelusuri pada halaman Pusat Bantuan Indihome, ternyata memang benar bahwa PT. Telkom menerapkan pembatasn kuota indihome atau Fair Usage Policy pada pengguna indihome untuk membatasi jaringan internet.

Penerapan kebijakan FUP ini bukan tanpa alasan. Mengingat kuota layanan internet indihome adalah Unlimited, banyak oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan layanan unlimited tersebut. Mereka memanfaatkan unlimited kuota untuk berbisnis atau dijual ulang. Atas alasan itulah Telkom menerapkan pembatasan kuota internet layanan indihome.

Dengan adanya penerapan pembatasan kuota internet layanan indihome atau Fair Usage Policy, membuat kouta Indihome tidak sepenuhnya unlimited. Ada penurunan kecepatan jika pelanggan memakai internet melewati batas wajar penggunaan.

Ketentuan Fair Usage Policy (FUP) Layanan Indihome

Dikutip dari halaman pusat bantuan indihome, Kebijakan Fair Usage Policy (FUP) memiliki ketentuan berikut:

  1. Pelanggan akan mengalami penurunan kecepatan Internet apabila mencapai FUP dalam periode 1 bulan. Penghitungan FUP berbasis bulanan. Usage yang dipergunakan untuk menghitung FUP akan direset (di-nol-kan kembali) setiap awal bulan, sehingga diawal bulan usage pelanggan dihitung mulai dari 0 GB.
  2. FUP hanya diberlakukan untuk layanan Internet sehingga pengguna UseeTV dibebaskan dari FUP.
  3. Tidak ada penambahan biaya apabila penggunaan melampaui FUP.

Jadi Fair Usage Policy IndiHome adalah batas pemakaian wajar saat penggunaan internet IndiHome / Telkom. Entah itu anda gunakan untuk membuat blog, download film, streaming video, upload file, Facebook, Instagram jika FUP melewati batas, maka kecepatan akan menurun. FUP dari IndiHome ini dihitung perbulan jadi bulan pertama FUP habis ( melewati batas ) kecepatan indihome menurun untuk bulan selanjutnya reset FUP akan dijalankan dan internet normal kembali.

Fair Usage Policy ( FUP ) IndiHome 2019

Fair Usage Policy 10 Mbps

Untuk paket indihome dengan kecepatan 10 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 300 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 400 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited.

Fair Usage Policy 20 Mbps

Untuk paket indihome dengan kecepatan 20 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 500 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 800 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited.

Fair Usage Policy 30 Mbps

Untuk paket indihome dengan kecepatan 30 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 700 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 1200 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited.

Fair Usage Policy 40 Mbps

Untuk paket indihome dengan kecepatan 40 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 900 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 1600 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited.

Fair Usage Policy 50 Mbps

Untuk paket indihome dengan kecepatan 50 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 1200 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 2000 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited.

Fair Usage Policy 100 Mbps

Untuk paket indihome dengan kecepatan 100 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 2000 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 50% unlimited.

Tabel Fair Usage Policy Layanan Indihome

Paket InternetPengunaan DataKecepatan Internet
10 Mbps0 – 300 GB10 Mbps
300 – 400 GB7,5 Mbps
> 400 GB4 Mbps
20 Mbps0 – 500 GB20 Mbps
500 – 800 GB15 Mbps
> 800 GB8 Mbps
30 Mbps0 – 700 GB30 Mbps
700 – 1200 GB22,5 Mbps
> 1200 GB12 Mbps
40 Mbps0 – 900 GB40 Mbps
900 – 1600 GB30 Mbps
> 1600 GB16 Mbps
50 Mbps0 – 1200 GB50 Mbps
1200 – 2000 GB37,5 Mbps
> 2000 GB20 Mbps
100 Mbps0 – 2000 GB100 Mbps
> 2000 GB50 Mbps

Simulasi Perhitungan Fair Usage Policy (FUP) IndiHome

Untuk lebih memahami masalah kebijakan Fair Usage Policy (FUP) ini, kami berikan simulasi perhitungan FUP pada Indihome 10 Mbps.

“Vira adalah seorang blogger. Vira mulai berlangganan Indihome 10 Mbps pada awal bulan Januari. Pada awal bulan tersebut kecepatan internetnya full 10 Mbps. Vira banyak melakukan aktivitas internet seperti mendownload, dan streaming video. Aktivitas ini terus Vira lakukan hingga kuota penggunaan internetnya mencapai 300 GB.
Berdasarkan Kebijakan FUP 10 Mbps, jika kuota internet mencapai 300 GB, maka kecepatan internet milik Vira akan diturunkan menjadi 7.5 Mbps.
Selanjutnya Vira melanjutkan aktivitas internetnya hingga penggunaan kuota internetnya mencapai 400 GB. Berdasarkan Kebijakan FUP 10 Mbps, jika kuota internet mencapai 400 GB, maka kecepatan internet milik Vira akan diturunkan menjadi 4 Mbps.
Kecepatan Internet 4 Mbps adalah penurunan terakhir dan akan terus bertahan hinggaakhir bulan Januari. Jika sudah masuk bulan Februari, maka kecepatan internet milik Vira akan kembali normal menjadi 10 Mbps.”

Layanan internet Indihome memang sudah lama digunakan untuk Mendapatkan Uang Dari Internet Dengan Mudah. Layanan Indihome memang memang unlimited tetapi dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. Maka dari itu pergunakan kuota internet anda sesuai kebutuhan untuk menghindari kebijakan Fair Usage Policy (FUP) IndiHome.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here