Pengalaman Menggunakan Hosting Siteground

0
9
Pengalaman Menggunakan Hosting Siteground

Hosting Siteground adalah salah satu layanan hosting terbaik di dunia. Untuk meningkatkan kualitas website, anda harus memilih layanan hosting yang tidak mengecewakan. Beberapa layanan hosting yang ada mungkin sudah pernah anda coba, namun untuk menemukan layanan hosting yang benar-benar memberikan kepuasan sangat sedikit.

Awal mula menggunakan hosting siteground ketika saya melihat informasi situs web ini yang sering kali down dalam waktu yang lama. Informasi itu saya lihat pada email pemberitahuan jetpack mengenai status website saat ini. Pada awalnya saya tidak terlau mempermasalahkan hal ini namun karena masalah down time ini sudah terdeteksi di Google Search Console maka saya memutuskan untuk pindah hosting.

Pilihan saya untuk menggunakan pada hosting siteground setelah membaca dan membandingkan beberapa artikel review yang ada di internet. Salah satu ulasan yang membuat saya yakin untuk memilih siteground adalah ulasan dari Penasihat Hosting yang diulas oleh Bang Willya Randika.

Sebelumnya saya berfikir bahwa untuk menggunakan Hosting Siteground ini sangat rumit karena membutuhkan Kartu Kredit dan tidak ada opsi pembayaran via Paypal. Namun hal itu bukan menjadi hambatan untuk menggunakan layanan mereka. Selalu ada solusi untuk melakukan pembayaran via paypal.

Pada saat artikel ini ditulis, saya menggunakan WordPress Hosting Siteground GrowBig Unlimited Websites, 20 GB Web Space dan estimasi jumlah kunjungan 25.000 /bulan. Ini sangat memuaskan mengingat fitur yang mereka tawarkan juga tak main-main.

Saya tertarik untuk menggunakan layanan hosting Siteground karena fitur yang ditawarkannya. Untuk Hosting Plan GrowBig, anda akan mendapat beberapa fitur yaitu:

  • Install & Manage WordPress yang cepat
  • Gratis Transfer WordPress
  • Keamanan & Pembaruan yang optimal
  • Kinerja WordPress yang sangat maksimal. Ini termasuk CDN gratis, caching kuat, optimasi front-end dan gambar, kontrol versi PHP & lainnya.

SiteGround menawarkan berbagai layanan seperti Shared Hosting, Reseller Hosting, Cloud Hosting, Enterprise Hosting, dan Dedicated Servers. Namun disini saya hanya fokus mengulas pada layanan yang saya gunakan yaitu Shared Hosting GrowBig untuk situs WordPress.

Nah jika anda yang sedang mencari layanan hosting terbaik dunia yang berkualitas, saya akan membantu memberikan referensi menurut saya dan semoga dapat pula menjadi pilihan untuk Anda. Membangun situs ada dengan Hosting Siteground merupakan pilihan smart untuk mendapatkan kualitas hosting yang berbeda dari beberapa layanan hosting lain yang ada sekarang.

Sekilas Tentang Siteground

siteground-Reviews

Siteground berdiri sejak 22 Maret 2004 silam dan telah tumbuh menjadi layanan hosting terbaik yang semakin maju seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. dari awal berdirinya, sekarang SiteGround sudah berkembang dengan mempekerjakan lebih dari 320 karyawan dan memiliki 4 data center di dunia, yaitu di United States, Europe and Asia (Singapore).

Hingga saat ini, Siteground sudah menjadi penyedia hosting yang direkomendasikan oleh WordPress.org.

Lokasi Data Center Siteground

Siteground memiliki lima lokasi data center di dunia. Hal itu mereka lakukan untuk menjangkau audience dengan lebih baik.

  1. Iowa, United State.
  2. Chicago, US.
  3. London, UK.
  4. Amsterdam, NL.
  5. Singapore, SG.
Siteground-Data-center

Salah satu nilai plus Hosting Siteground karena memiliki data center di Singapore sehingga untuk bisnis yang fokus target marketnya di Indonesia, jelas akan lebih cepat aksesnya dari pada kalau data center ada di Amerika. Ini sangat cocok terutama untuk website yang diakses oleh banyak visitor seperti Online Store, Forum, Blog, dll.

Teknologi Hosting Siteground

Sebagai salah satu layanan hosting terbaik dunia, Siteground hadir dengan teknologi terbaru saat ini. Hal tersebut mereka selalu tingkatkan untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna termasuk keamanan situs web anda. Beberapa teknologi terkini yang mereka gunakan yaitu:

1. SSD Drives

Semua File dan database anda di semua paket shared hosting akan disimpan pada teknologi Solid State Drive yang mutakhir. SSD memberikan peningkatan 1000x dalam operasi input / output dibandingkan dengan drive biasa.

2. Menggunakan Nginx Web Server

Siteground menggunakan teknologi NGINX Web Server untuk mempercepat pemuatan konten statis semua situs web yang mereka host. Nginx tentunya lebih handal dibandingkan dengan apache dalam pemuatan konten statis.

3. Super Cacher + SG Optimizer

Teknologi Super Cahcer ini sangat baik untuk situs webs seperti WordPress, Joomla dan Drupal. Mekanisme Super Cache ini sangat maksimal karena mereka menggunakan mekanisme caching berdasarkan NGINX reverse proxy. Ini mempercepat penyajian konten dinamis situs secara dramatis. Fitur Super Cacher ini juga semakin maksimal karena ditunjang dengan Memcached.

SG Optimizer adalah plugin yang dibuat khusus untuk menghubungkan situs WordPress Anda dengan layanan milik SiteGround. Plugin ini tidak akan berfungsi pada provider hosting lain. SG Optimizer memiliki beberapa bagian yang berbeda untuk mengelola optimasi performa website Anda secara spesifik: SuperCacher Config, HTTPS Config dan PHP Config.

Di WordPress, anda bisa mempercepat loading website dengan plugin WP Rocket dan tentunya akan lebih maksimal lagi jika anda menggunakan hosting Siteground.

4. Free CDN Cloudflare

Siteground menggunakan Cloudflare CDN untuk membuat loading situs web anda lebih cepat diakses darimanapun dengan cara menyimpan kontennya dan mendistribusikannya ke beberapa pusat data. Ketika ada pengunjung yang mengakses situs web Anda, CDN Cloudflare memberikan konten lebih cepat dari pusat data terdekat dengan mereka.

Jika anda menggunakan WordPress, pelajari cara setting cloudflare di wordPress yang benar untuk wordpress agar performa cloudflare lebih maksimal.

5. Support HTTP / 2

HTTP / 2 adalah protokol jaringan terbaru, yang secara signifikan mempercepat pemuatan situs web di browser. Siteground hadir dengan server yang support HTTP / 2 dengan koneksi terenkripsi. Untuk memudahkan semua pengguna mengakses situs anda, siteground menyediakan SSL Gratis Let’s Encrypt yang bisa anda gunakan untuk protokol HTTPS.

6. Menggunakan PHP 7

PHP merupakan Hypertext Preprocessor yang banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis dan membangun sebuah CMS. Ada berbagai keunggulan yang ditawarkan PHP 7 dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Beberapa fitur yang merupakan perbaikan dari versi sebelumnya seperti Scalar type declarations, Return type declarations, Anonymous classes, Generator Return Expressions dan sebagainya.

Menggunakan Siteground sebagai hosting situs web anda tentu pilihan yang tepat. Saya merasakan performa situs yang luar biasa ketika menggunakan hosting siteground. Hal itu berdampak pada kecepatan loading website yang saya liat pada skor google pagespeed insight meningkat tajam dari sebelumnya berada di skor 60, kini hampir 100.

Harga Shared Hosting Siteground

Tentunya untuk memilih layanan hosting perlu dipertimbangkan soal harga. Orang bilang bahwa jika kualitas bagus maka harga pasti mahal. Namun situs web hosting siteground tidak demikian, mereka memberikan harga shared hosting yang sangat terjangkau.

Harga-web-hosting-siteground

Harga diatas akan tetap sama jika anda berlangganan lebih dari satu tahun. Jika anda baru memulai sebuah website, saya rasa StartUp Hosting plan sudah bisa untuk menampung situs anda. Namun jika sudah memiliki pengunjung harian ratusan keatas perlu anda pertimbangkan untuk mengupgrade ke hosting plan yang lebih besar.

Kesimpulan

Membangun sebuah situs web tentu dimulai dari pemilihan layanan hosting yang tepat. Layanan hosting siteground adalah solusi bagi anda yang benar-benar ingin fokus tanpa memikirkan tentang server down. Sebagai inti dari artikel ini yaitu siteground hadir memberikan solusi bagi anda yang benar-benar ingin sukses dengan situs web yang professional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here