24.7 C
Kendari
Rabu, 30 September 2020
Beranda Blogging Hosting Pengaturan Centos Web Panel Untuk Wordpress

Pengaturan Centos Web Panel Untuk WordPress

- Advertisement -

Setelah selesai melakukan instalasi centos web panel di centos 7, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi atau pengaturan dasar centos web panel sebelum melakukan instalasi wordpress. Bagi anda yang pertama kali menggunakan centos web panel, tentunya anda perlu menyesuaikan user interface dari panel ini.

Baca: Cara Install CentOS Web Panel (CWP) di CentOS 7

Centos Web Panel hadir dengan tampilan yang sederhana namun penuh dengan fitur lengkap. namun untuk menggunakannya, anda perlu melengkapi dan mengaktifkan beberapa fitur yang belum aktif karena bawaan instalasi.

Konfigurasi Dasar Centos Web Panel

Untuk melakukan konfigurasi dasar, pastikan centos web panel sudah selesai diinstall 100%. Selanjutnya akses cwp menggunakan IP_server:2031.

- Advertisement -

admin username: root

admin password: (password root vps anda)

1. Ganti Port SSH

Port SSH default yang digunakan VPS adalah port 22. Port ini sudah diketahui banyak orang bahkan pelaku kejahatan pun menggunakan port 22 untuk melakukan serangan seperti serangan DDos.

Mengganti port SSH adalah cara untuk mengamankan server VPS agar tidak dapat diakses melalui port 22. Nah untuk mengganti port SSH, anda bisa melakukannya melalui dahsboard centos web panel.

  • Buka menu services configuration dan pilih SSh Configuration
  • File: /etc/ssh/sshd_config akan terbuka
  • Cari #Port 22 lalu hapus tanda pagar(#)
  • Ganti 22 menjadi port lain, misalnya ganti 22 menjadi 2233.
  • Save.
pengaturan Centos Web Panel

Nah anda tidak lagi menggunakan port 22 untuk login ke ssh menggunakan putty. Anda harus menuliskan port yang digunakan misalnya port 2233 pada putty agar bisa masuk ke SSH.

- Advertisement -

Jika anda menggunakan terminal pada mac, anda juga harus menuliskan port yang digunakan dengan perintah sebagai berikut:

ssh -p2233 root@IP_address

2. Lengkapi Email Admin

Email admin berguna untuk mendapatkan pemberitahuan dari centos web panel. Untuk itu lengkapi email admin melalui menu CWP Settings > Edit Settings. Lengkapi kolom CSF/LFD Alerts dengan email admin yang sama.

pengaturan Centos Web Panel

3. Update Nameserver

Nah sekarang jangan lupa update nameserver sesuai name server penyedia hosting anda. Jika anda menggunakan VPS di VULTR, maka nameservernya adalah ns1.vultr.com dan ns2.vultr.com. Lengkapi juga kolom IP Address dengan IP address vps anda.

Untuk memperbarui nameserver Anda, masuk ke menu DNS Function > Edit Nameserver IPs.

Edit Nameserver IPs

4. Pilih Web Server

- Advertisement

Di Centos Web Panel tersedia pilihan web server yang beragam. Anda bebas memilih mau menggunakan apa saja.

  • Apache Only
  • Nginx Only
  • LiteSpeed Enterprise (Free 30 days)
  • Nginx & Varnish
  • Nginx & Varnish & Apache

Untuk performa terbaik, saya sarankan menggunakan Nginx & Varnish & Apache. Jangan lupa save dan rebuild configuration.

web-server

5. Pilih Versi PHP

Salah satu kelebihan menggunakan centos web panel karena kita bisa menggunakan php versi paling terbaru. Selain itu, kita juga bebas memilih versi php yang diinginkan.

Untuk melakukan setting PHP version, masuk ke menu PHP Settings > PHP Version Switcher. Centang juga php modul yang anda ingin gunakan. Disarankan agar memilih modul yang benar-benar anda gunakan saja agar tidak memberatkan kinerja PHP.

php version

Jangan lupa lakukan Save & Build setelah memilih versi dan modul PHP. Proses instalasi akan berlangsung dibelakang layar. Anda bisa melihat proses rebuild PHP melalui SSH dengan perintah:

tail -f /var/log/php-rebuild.log

6. Aktifkan Firewall

Centos web panel dilengkapi dengan fitur kemanan yang kuat. Salah satu fitur yang akan melindungi vps anda dari serangan DDos adalah CSF Firewall. Anda bisa mengktifkan fitur ini melalui menu Security > Firewall Manager.

pengaturan Centos Web Panel

Jika anda mengganti port standard 22 dengan port lain, masukkan port tersebut agar anda bisa mengakses SSH. Caranya, melalui firewall manager, pilih menu configuration > main configuration.

Akan terbuka tab baru yang berisikan konfigurasi firewall. Scroll kebawah dan temukan “Allow incoming TCP ports”. Dari deretan port yang ada, tambahkan port yang anda gunakan, misalnya dari contoh nomor 1 diatas kita menggunakan port 2233.

pengaturan Centos Web Panel

7. Buat Akun Pengguna

Untuk malakukan instalasi wordpress di Centos Web Panel, anda harus membuat akun terlebih dahulu. Caranya masuk ke menu User Account > New Account. Setelah itu, Anda akan diarahkan pada menu New Account seperti di bawah ini.

pengaturan Centos Web Panel

Setelah selesai anda akan mendapat informasi login ke akun tersebut.

8. Login ke User Account

Anda kini sudah bisa login menggunakan user dan password yang digunakan oada saat membuat akun pengguna pada nomor 7 diatas.

Untuk login sebagai user account, anda perlu mengakses halaman dengan alamat http://IP_Server:2083 / atau http://Domain_Anda:2083

pengaturan Centos Web Panel

Kini anda sudah bisa melakukan instalasi wordpress melalui menu Addons di akun pengguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

POPULER MINGGU INI