Perbedaan Hosting dan Domain yang Perlu Diketahui

0
Perbedaan Hosting dan Domain yang Perlu Diketahui
Perbedaan Hosting dan Domain yang Perlu Diketahui

Perbedaan Hosting dan domain perlu diketahui sebelum menyewa hosting dan membeli domain. Perbedaan antara hosting dan domain ini seringkali membingungkan bagi blogger newbie. Maka dari itulah saya berniat mengulas perbedaan antara keduanya agar mudah dipahami oleh siapapun.

Hosting dan Domain adalah istilah yang sering digunakan pada dunia jaringan komputer, utamanya jaringan internet. Kedua istilah ini adalah dua hal berbeda namun saling terkait satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan.

Orang yang sudah lama bergelut dengan informasi internet dan jaringan pasti tidak asing lagi dengan kedua istilah ini. Bahkan mereka memahami betul apa itu hosting, dan apa itu domain. Namun bagi orang awam tentu tidak tahu apa itu hosting dan domain. Tentunya, kedua istilah ini adalah istilah yang mungkin baru mereka dengar. Untuk selanjutnya anda harus mengetahui pengertian hosting dan domain.

Perbedaan Antara Hosting dan Domain Secara

Untuk mengetahui perbedaan Hosting dan Domain, ketahui dahulu pengertian hosting dan domain.

1. Pengertian Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan semua keperluan file website. Ibaratnya, adalah gudang tempat menyimpan berbagai barang keperluan dan lain sebagainya. File website yang akan disimpan dalam hosting biasanya beragam, mulai dari gambar, file, video, dll. Nantinya file-file ini harus bisa diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun.

Agar hosting ini dapat diakses maka hosting harus memiliki server. Server dari sebuah hosting biasanya berwujud mesin komputer. Nah mesin komputer yang digunakan haruslah memiliki hardware paling baik. Komputer tersebut langsung terhubung dengan jaringan internet yang memiliki kecepatan tinggi.

Agar bisa diakses melalui jaringan internet, hosting akan memiliki alamat IP sebagai alamat pada akses jaringan internet. Jika ada seseorang yang ingin mengakses hosting tersebut maka ia harus mengetahui berapa alamat IP hosting yang akan diakses..

Karena hosting ini harus bisa diakses oleh siapapun dan dari mana pun, maka server hosting harus aktif dalam 24 jam penuh. Karena jika sewaktu waktu server mengalami offline atau down maka sudah pasti website juga tidak bisa diakses oleh siapapun.

Jika hosting tersebut digunakan untuk menyimpan banyak file dari sebuah halaman web, maka hosting tersebut disebut web hosting. Saat ini sudah banyak penyedia hosting yang berlomba-lomba menyediakan jasa penyewaan hosting. Namun tugas anda adalah memilih dari sekian banyak penyedia hosting yang ada. Beberapa kriteria yang perlu anda ketahui dalam memilih layanan hosting adalah seberapa tinggi persentase uptime server hosting mereka. Waktu uptime server yang tinggi menunjukkan bahwa server hosting tersebut jarang mengalami offline atau down.

Baca Juga: Niagahoster Web Hosting Lokal Terbaik Harga Murah

Jika anda mengelola sebuah website, ada salah satu penyedia layanan web hosting terbaik dunia yang direkomendasikan. Penyedia layanan web hosting itu adalah SITEGROUND. Untuk mengetahui seberapa handal layanan web hosting siteground, baca ulasan saya mengenai Pengalaman Menggunakan Hosting Siteground.

2. Pengertian Domain

Domain adalah nama unik yang mewakili alamat IP hosting. Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa hosting akan memiliki alamat IP agar bisa diakses oleh siapapun melalui jaringan internet. Alamat IP ini terdiri dari deretan angka yang rumit dan susah diingat. Dari pengertian ini semoga anda dapat memahami apa itu domain.

Untuk memudahkan pengguna dalam mengakses hosting, maka digunakanlah domain sebagai wakil dari alamat IP tersebut. Penggunaan domain ini tujuannya agar mudah diingat daripada harus mengingat deretan angka alamat IP.

Penggunaan domain ini lebih sering dilakukan pada situs atau website. Dimana domain yang digunakan biasanya mewakili dari niche situs tersebut. Selain itu, nama domain juga bisa digunakan untuk mewakili merk dagang ataupun nama perusahaan.

Baca Juga: Cara Memilih Niche Blog Yang Disukai Pengunjung

Alamat domain memiliki variasi nama misalnya pada layanan gratis seperti .blogspot.com, .wordpress.com, dll. Untuk mendapatkan domain dengan top level domain misalnya .com, .id, .co.id, .net, dll, anda harus membayar dan membeli dari para penyedia layanan domain.

Salah satu penyedia layanan domain yang kami rekomendasikan adalah Niagahoster. Penyedia domain Niagahoster ini sudah melayani ribuan pemesanan nama domain. Nantinya, alamat domain tersebut akan menjadi milik anda dalam waktu berjangka.

Baca Juga: Niagahoster Web Hosting Lokal Terbaik Harga Murah

Untuk memilih nama domain untuk website, ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan. Hal ini berguna agar nama domain tersebut benar-benar mewakili brand anda. Ada beberapa tips dalam memilih nama domain. Sebagai panduan anda dapat membaca artikel tentang cara memilih nama domain yang tepat untuk website.

Kesimpulan

Untuk membuat situs web professional, Hosting dan Domain adalah paket yang tidak bisa dipisahkan. Anda bisa saja membuat website online tanpa membeli hosting dan domain di situs layanan gratisan. Namun pilihan ini memiliki dampak yang negatif untuk jangka panjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here