Plugin SEO WordPress Terbaik dan Gratis

0
45
Plugin SEO Wordpress Terbaik

Plugin SEO WordPress Terbaik – WordPress menyediakan Plugin SEO gratis untuk meningkatkan SEO wordpress di search engine. Plugin SEO WordPress gratis sebagai solusi situs wordpress yang mengejar target pengunjung melalui google search engine.

Data menunjukkan bahwa penggunaan Plugin SEO wordpress ini sangat ampuh menaikkan popularitas blog wordpress itu sendiri.

Sejak kehadirannya, CMS wordpress self hosting memang telah menyediakan banyak fitur termasuk plugin seo gratis untuk wordpress itu sendiri. Penggunaan plugin SEO itu pun terbilang sangat mudah dan tidak menyulitkan pengguna meski pemula sekalipun.

Memang, wordPress secara default telah dirancang untuk memenuhi teknik SEO agar ramah terhadap mesin pencari. Namun, berbicara soal optimasi, sebagai pemilik situs kita tidak harus berhenti sampai disini saja.

Ada berbagai cara untuk mengoptimasi wordpress agar lebih seo friendly, salah satunya dengan memasang plugin seo wordpress terbaik.

Plugin SEO WordPress Terbaik dan Gratis:

  1. Plugin SEO WordPress by Yoast
  2. Plugin All in SEO Pack
  3. Plugin W3 Total Cache
  4. Plugin SEO Optimized Images
  5. Plugin Broken Link Checker

Untuk lebih jelasnya, artikel ini mengulas beberapa plugin wordpress SEO gratis yang bisa anda gunakan untuk membuat situs anda menjadi lebih seo friendly berikut ini.

1. Plugin SEO WordPress by Yoast

Plugin SEO WordPress Terbaik

Plugin SEO wordpress yang satu ini adalah plugin seo terbaik yang sudah sangat populer dikalangan pengguna wordpress. Jika kita melihat dihalaman resminya, Yoast SEO ini sudah di instal lebih dari 5 juta pengguna wordpress di seluruh dunia. Hal ini tidak terlepas dari keampuhan plugin ini dalam menangani masalah SEO.

Plugin SEO yoast ini dapat menangani beberapa macam masalah SEO seperti:

  • Penambahan meta tag beranda
  • Penambahan meta tag postingan
  • Pengoptimalan media sosial (gambar, judul & deskripsi)
  • Membuat file sitemap
  • Mengedit robots.txt dan .htaccess
  • Integrasi Google Search Console.
  • Kontrol pengindeksan blog Anda
  • Menetapkan kata kunci utama halaman postingan

Selain itu bagi anda yang ingin optimasi SEO yang lebih maksimal, anda dapat menggunakan versi premium dari plugin yoast seo ini.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca Cara Setting Plugin Yoast SEO di WordPress untuk lebih memaksimalkan performas Yoast SEO di situs anda.

2. All in SEO Pack

Plugin SEO WordPress Terbaik

Di urutan kedua ada plugin All in SEO Pack. Plugin ini memiliki fungsi yang sama dengan yoast seo. Banyak yang bilang bahwa plugin All in SEO Pack ini adalah saingan dari plugin yoast seo.

Tetapi hal itu kembali pada anda sebagai pengguna. Baik itu All in SEO Pack maupun Yoast SEO, keduanya berfungsi untuk memaksimalkan SEO blog anda.

Salah satu keuntungan plugin All In One SEO Pack adalah memudahkan anda dalam mengoptimalkan seo WordPress tanpa memerlukan tidakan yang rumit.

Perlu anda perhatikan, jangan menggunakan kedua plugin ini bersamaan karena memeiliki tujuan yang sama. Hal ini berguna untuk menghindari conflict yang terjadi dalam optimasi seo wordpress.

3. Plugin W3 Total Cache

Plugin SEO WordPress Terbaik

Berbicara soal Plugin SEO WordPress terbaik, Plugin W3 Total Cache ini tidak boleh dipandang sebelah mata dalam hal peningkatan SEO sebuah situs. Plugin ini berguna untuk membuat loading situs anda lebih cepat.

Kita semua tau bahwa persoalan loading situs menjadi hal yang sangat diperhatikan. Banyak sekali manfaat yang bisa rasakan dengan menggunakan plugin ini. Dalam satu percobaan, peringkat kecepatan situs Bumianoa.com di google pagespeed berada diatas 90.

bumianoa-speed

Dalam melakukan konfigurasi plugin ini, sebagai pemula anda harus banyak belajar untuk menghindari kesalahan. Tetapi sebaliknya jika anda menguasai plugin ini maka akan sangat mudah dalam melakukan konfigurasinya. Banyak pengguna yang mengeluhkan tampilan situsnya jadi berantakan karena mengaktifkan pengaturan minify JS dan CSS.

Sebagai saran jika anda mengalami hal yang demikian, masih ada beberapa plugin yang memiliki manfaat yang sama seperti plugin WP Fastest Cache atau WP Super Cache.

4. SEO Optimized Images

Plugin SEO WordPress Terbaik

Jika plugin SEO yoast dan All In One Pack mengoptimalkan kata kunci, maka plugin SEO Optimized Images ini akan mengoptimalkan gambar situs anda di google search image. Kebanyakan para pengguna situs tidak memperhatikan optimasi penggunaan gambar yang seo sehingga membuka celah kelemahan seo sebuah situs.

Dengan plugin SEO Optimized Images, anda dapat memasukkan atribut alt dan title Seo Friendly ke setiap gambar didalam situs anda.

5. Broken Link Checker

Broken Link Checker

Plugin ini sudah digunakan lebih dari 700 ribu pengguna wordpress diseluruh dunia. Plugin ini berguna untuk memantau semua link di dalam situs WordPress dan dapat memberi tahu Anda tentang link yang rusak dan membantu memperbaikinya dengan langkah yang cepat.

Itulah plugin SEO wordpress terbaik yang bisa anda coba gunakan untuk mengoptimalkan SEO dan meningkatkan peringkat pada hasil pencarian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here