4 Situs Cek Loading Website Paling Direkomendasikan

0
542
4 Situs Cek Loading Website Paling Direkomendasikan

Situs Cek Loading Website – Kecepatan akses loading website adalah hal yang sangat penting dan perlu mendapat prioritas dalam mengembangkan sebuah website. Para pengguna wordpress atau pemilik website selalu berlomba-lomba untuk meningkatkan kecepatan loading website mereka demi kenyamanan pengunjung.

Loading website yang lama sangat berpengaruh terhadap SEO. Kita semua tahu persis bahwa persoalan SEO tidak hanya bagaimana meraih posisi terbaik di search engine. Tetapi persoalan kecepatan loading website juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi SEO sebuah website.

Website yang memiliki akses yang cepat tentunya akan membuat pengunjung betah ketika mengunjungi website kita. Mereka tidak akan kehilangan banyak waktu hanya untuk menunggu halaman website kita terbuka. Hal sebaliknya yang lazim terjadi adalah pengunjung pasti akan segera kabur jika halaman website kita lama diakses.

Saya mengambil contoh dari cara saya browsing di internet. Ketika halaman web yang saya kunjungi memerlukan waktu yang lama untuk mengakses halaman artikel maka sudah barang pasti web tersebut langsung saya tinggalkan.

Hal tersebut tentu menjadi kerugian tersendiri pagi pemilik web karena pastinya kehilangan pengunjung, kehilangan pendapatan dan peluang bisnis menjadi kecil.

Mengapa Loading Website Harus Cepat?

Kecepatan akses sebuah website juga memiliki pengaruh yang tinggi dalam menempati halaman terdepan pencarian google. Menurut Google, website yang cepat akan disukai oleh mesin pencari seperti Google. Bahkan menurut algoritma mesin pencari Google, peringkat tergantung juga pada kecepatan website.

Oleh sebab itu sangat perlu untuk mengoptimalkan kecepatan website dan kinerjanya jika ingin memiliki peringkat yang lebih baik dan mendapatkan lebih banyak pengujung dari mesin pencari.

Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan akses dari sebuah website. Misalnya Hosting yang digunakan, Lokasi server, penggunaan javascript dan CSS, penggunaan gambar dan masih banyak lagi. Tetapi selain dari masalah server, masalah yang memperberat kecepatan akses masih dapat kita atasi.

Dalam meningkatkan kecepatan loading, situs cek loading website bisa anda kunjungi untuk mengecek seberapa cepat waktu loading website anda. Situs Cek Loading Website tersebut tersedia secara gratis, kecuali bagi anda yang mau mendapatkan layanan tambahan bisa menggunakannya secara berbayar.

Melalui artikel ini, akan saya bahas tentang 4 Situs Cek Loading Website yang paling direkomendasikan. Di situs tersebut kita dapat mengetahui kecepatan website kita dan juga kita dapat mengetahui apa saja yang membuat website kita menjadi lambat diakses. Berikut 4 situs tersebut.

Situs Untuk Cek Kecepatan Loading Website

Berikut ini adalah situs untuk mengetahui berapa skor loading website anda.

1. GTmetrix

Situs Terbaik Untuk Mengetahui Kecepatan Website yang pertama adalah GTmetrix. GTmetrix adalah tool gratis untuk menguji kinerja dan kecepatan situs berdasarkan standar Google dan Yahoo.

Anda dapat meihat dua hasil score dimana Page Speed Grade adalah standar dari Google dan dan YSlow Grade adalah standar dari Yahoo.

Jika situs anda masih kurang cepat diakses, di bagian bawah hasil score juga diberikan beberapa bagian yang harus diperbaiki untuk meningkatkan kecepatan situs dan berapa standar rata-rata yang harus dicapai supaya bisa dikatakan cepat diakses.

2. Pingdom Website Speed Test

Pingdom adalah salah satu tool gratis dari keempat tools cek speed website. Selain gratis, pingdom juga memberikan data yang cukup lengkap tentang hasil pengujian kinerja dan kecepatan situs. Anda dapat melihat seberapa banyak waktu yang diperlukan untuk memuat semua elemen pada halaman web.

Informasi hasil test berupa score juga dapat dijadikan tolak ukur untuk memperbaiki bagian tertentu di situs anda. Dan satu hal lagi yang cukup menarik, mereka juga memperikan fitur monitor situs secara gratis untuk memantau situs anda yang online.

Terlepas dari semua fitur yang lengkap ini, Pingdom secara otomatis menyimpan riwayat hasil test sehingga anda dapat meninjau kembali bagaimana perubahannya dari waktu ke waktu.

3. Google Pagespeed Insight

Google PageSpeed Insights menguji website baik itu ketika dibuka dengan desktop maupun mobile. Ranking yang diberikan yaitu antara 1 hingga 100. Semakin besar angka yang diberikan maka semakin baik website Anda. Selain itu Google PageSpeed Insights juga memberikan saran untuk memperbaiki masalah kecepatan situs Anda.

4. WebPagetest

WebPagetest juga termasuk salah satu website yang mumpuni untuk mengetahui kecepatan website pada berbagai browser. WebPagetest merupakan sebuah proyek open source yang sedang dikembangkan dan disupport oleh Google untuk membuat website menjadi lebih cepat.

WebPagetest awalnya dikembangkan oleh AOL untuk penggunaan secara internal pada tahun 2008 dan berada dibawah lisensi BSD.

Dalam meningkatkan kecepatan akses wesite saya tidak pernah luput untuk mampir di 4 situs web diatas untuk mengecek seberapa cepat kecepatan akses website yang saya kelola.

Salah satu langkah untuk menciptakan website yang memiliki akses cepat yaitu dukungan dari hosting yang kita sewa. Saya sarankan untuk menggunakan Hosting dari Siteground. Untuk mengetahui seberapa hebat hosting di Siteground, baca ulasan kami tentang Pengalaman Menggunakan Hosting Siteground. Anda juga bisa menggunakan hosting lokal yang disediakan oleh Niagahoster yang telah teruji memiliki akses yang lebih cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here