Tips Sebelum Membeli Flash Disk

0
34

Tips Sebelum Membeli Flash Disk – Anda ingin beli Flash Disk, tentunya?Tips Sebelum Membeli Flash Disk mungkin bermanfaat bagi anda.?Tips Sebelum Membeli Flash Disk berikut ini bisa anda perhatikan sebelum membeli Flash Disk agar anda tidak merasa rugi atau kurang puas dengan kualitas Flash Disk yang anda beli. Nah, seperti yang saya katakan tadi, berikut ini?Tips Sebelum Membeli Flash Disk.

Merek

Tentunya ini hal yang utama. Menentukan merek flashdisk tujuan utamanya adalah berkaitan dengan kualitas, standarisasi produk, dukungan software, garansi dan layanan purna jual dari flashdisk tersebut. Sekarang ini banyak sekali merek Flash Disk yang beredar dipasaran seperti Toshiba, Kingston, Sandisk, dan masih banyak lagi.

Tentunya untuk mengetahui kualitas sebuah Falsh Disk sebelum anda beli, anda harus mencari infonya terlebih dahulu, misalnya adna cari di Internet, Forum, atau ditabloid-tabloid gadget. Kemudian jangan lupa kunjungi websitenya untuk melihat fitur-fiturnya.

Kapasitas Penyimpanan Data

Tentukan memang kapasitas berapa yang anda butuhkan sebelum membeli. Tetapi biasanya juga lebih besar kapasitas penyimpanan data sebuah flash disk maka makin besar data yang bisa dimuat. Satu hal yang sangat penting jangan terlalu percaya kualitas sebuah FD yang tinggi dengan harga yang murah. Misalnya Flash Disk kapasitas 250 GB dengan harga 100 ribu, itu tidak mungkin.

Kecepatan Transfer data

Kecepatan transfer data adalah kecepatan yang dimiliki Flashdisk untuk membaca data dan menyimpan data. Kecepatan membaca data biasanya lebih tinggi daripada kecepatan menyimpan.

Kecepatan transfer data ini nantinya nantinya akan menurun jika menggunakan kabel USB atau USB hub. Untuk mengecek kecepatan transfer data dari USB Flashdisk, kita bisa menggunakan aplikasi USB Flash Benchmark dari usbflashspeed.com.

Bahan dan Bentuk Casing Flashdisk

Selain faktor seni hal yang penting menurut saya dari bahan dan bentuk casing ini adalah desainnya harus kokoh dan dapat melindungi flashdisk dari benturan apabila terjatuh misalnya. Saya sendiri lebih menyukai casing flashdisk yang terbuat dari bahan karet.

Fitur Security

Bagi Anda yang ingin menyimpan data-data penting dalam flashdisk, ada baiknya untuk memilih Flash Disk yang mempunyai fitur security hardware encryption seperti pada USB Security Flash Disk NETAC dan IronKey. Tetapi harga flash disk jenis ini lumayan mahal. Untuk menambahkan fitur enkripsi pada flash disk temen-temen bisa menggunakan software proteksi data pada flash disk, menggunakan enkripsi file atau menggunakan aplikasi TrueCrypt.

Perhatikan Faktor Keaslian Flash Disk

Hal yang harus kita perhatikan dalam memilih Flashdisk selanjutnya adalah faktor keaslian (original) dari flash disk itu sendiri. Agar flash disk yang kita beli merupakan flashdisk original, ada baiknya kita membeli flash disk dari toko terpercaya dan jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan

Nah itulah?Tips Sebelum Membeli Flash Disk, semoga bermanfaat bagi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here