Home Sosial Media Cara Mengatasi Akun WhatsApp yang Tidak Bisa Login

Cara Mengatasi Akun WhatsApp yang Tidak Bisa Login

WhatsApp Tidak Bisa Login? Dalam menggunakan whatsapp seringkali pengguna mengalami masalah yang tidak seperti biasanya. Akun Whatsapp yang tidak bisa login dengan nomor Hp adalah masalah yang seringkali membuat pengguna bingung. Tetapi anda tidak perlu bingung karena cara mengatasi masalah ini sangat mudah.

Saat ini whatsapp memiliki pengguna terbanyak dari aplikasi chatting yang ada di dunia. Hal itu tidak terlepas karena aplikasi whatsapp sangat mudah digunakan. Selain itu, sampai saat ini whatsapp masih bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja.

Banyaknya fitur di whatsapp menjadikan whatsapp itu sendiri memiliki banyak manfaat. Seperti fitur berkirim data yang juga dilakukan menggunakan whatsapp pada rutinitas perkantoran dan perkuliahan.

Namun bagaimana bisa menikmati fitur gratis whatsapp kalau pengguna tidak bisa tidak bisa login? Seperti yang kita ketahui, ketika pertama kali menggunakan whatsapp pengguna harus bisa login dengan nomor hp yang didaftarkan pada akun whatsapp.

Hal ini juga berlaku jika pengguna baru saja menginstall whatsapp baru pada perangkatnya. Untuk menggunakan whatsapp pengguna harus bisa login dengan nomor Hp yang sudah terdaftar di whatsapp. Jika tidak, maka pengguna tidak bisa menggunakan akun whatsapp sesuai dengan nomor Hp yang terdaftar.

Nah masalahnya, bagaimana jika akun whatsapp tidak bisa login dengan nomor HP? Melalui artikel ini saya akan berikan cara mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Akun WhatsApp yang Tidak Bisa Login Dengan Nomor HP

Masalah akun whatsapp yang tidak bisa login dengan nomor HP yang terdaftar banyak dialami pengguna lainnya. Secara umum, penyebabnya yaitu:

  1. Nomor Hp Bermasalah
  2. WhatsApp gangguan (Server Whatsapp Down)
  3. Salah Pengaturan pada Handphone
  4. Aplikasi WhatsApp Bermasalah

Cara Mengatasi Akun WhatsApp yang Tidak Bisa Login Dengan Nomor HP

1. Pastikan Handphone Terhubung Dengan Internet

Seperti yang kita ketahui, saat pertama kali login pada whatsapp dengan nomor Hp, perangkat harus terhubung dengan internet. Jika tidak, maka anda tidak bisa login pada akun whatsapp tersebut.

Jadi untuk mengatasi masalah ini, pastikan dulu anda terhubung dengan jaringan internet baik itu internet seluler maupun menggunakan WiFi agar aplikasi whatsapp bisa terhubung dengan servernya.

Baca Juga: Cara Pasang Wifi Indihome Dengan Sistem Deposit

Setelah itu silahka coba login dengan akun whatsapp anda. Jika tidak ada masalah lain, seharusnya masalah ini sudah bisa teratasi.

2. Gunakan WhatsApp Versi Terbaru

Akun Whatsapp tidak bisa login seringkali disebabkan karena versi whatsapp yang sudah usang. Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya anda selalu rutin memperbaharui versi whatsapp terbaru untuk meningkatkan performa serta keamanan dari akun whatsapp itu sendiri.

3. Pastikan Nomor HP Sudah Benar

Seringkali masalah whatsapp tidak bisa login disebabkan karena pengguna salah memasukkan nomor Hp yang seharusnya. Di Whatsapp, untuk melakukan verifikasi nomor Hp akan dimulai dengan kode negara +62.

Baca Juga: Cara Mengetahui Akun WhatsApp Dibajak Orang Lain

Nah untuk mengisi kolom nomor Hp, tuliskan nomor Hp tanpa angka nol. Jadi jika sudah dimulai dengan kode +62, maka lanjutkan dengan 852xxxx.

Perhatikan jumlah digit nomor Hp tersebut jangan sampai kurang atau bahkan ada nomor yang salah input. Hal ini jelas akan menyebabkan akun whatsapp tidak bisa login karena kesalahan nomor.

4. Pastikan Nomor Hp Sudah Terdaftar di WhatsApp

Untuk login di akun whatsapp, pastikan anda nomor Hp anda sudah terdaftar di whatsap. Jika tidak, Whatsapp akan mendeteksi nomor tersebut sebagai nomor baru yang belum terdaftar.

Jika memang nomor tersebut belum terdaftar, maka anda bisa mendaftar ke whatsapp sebagai pengguna baru. Proses ini cepat hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Baca Juga: Cara Membuka Banyak Akun WhatsApp Dengan Aplikasi Franz 5

Perlu diperhatikan bahwa nomor yang didaftarkan harus sama dengan nomor yang ingin anda gunakan untuk login ke akun whatsapp. Karena jika tidak, maka anda tidak bisa melakukan verifikasi akun.

5. Pastikan Nomor Tidak Bermasalah

Memastikan nomor tidak bermasalah artinya nomor tersebut masih bisa menerima SMS dan panggilan seperti biasanya. Jika memang nomor tersebut tidak bisa menerima SMS ataupun panggilan, maka bisa dipastikan kartu tersebut bermasalah. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa menghubungi provider seluler yang anda gunakan.

6. Verifikasi Menggunakan Panggilan Telepon

Ketika ingin login ke akun whatsapp, pengguna diharuskan melakukan verifikasi pada nomor Hp terlebih dahulu.

Metode verifikasi akun whatsapp ada dua, yaitu kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS dan Kode verifikasi melalui panggilan telepon.

Baca Juga: Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menyimpan Kontak Baru

Jika setelah beberapa menit anda tidak mendapatkan kode verifikasi melalui SMS, cobalah menggunakan panggilan telepon.

Tetapi jika tidak ada masalah pada nomor Hp anda, biasanya kode verifikasi SMS pasti akan masuk.

7. Periksa Pengaturan Tanggal dan Waktu Handphone

Pengaturan tanggal dan waktu seringkali menjadi penyebab pengguna tidak bisa login di akun whatsapp.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya anda periksa pengaturan tanggal dan waktu di Hp anda apakah sudah benar. Anda bisa menggunakan pengaturan tanggal dan waktu otomatis agar ditentukan oleh jaringan internet anda.

8. Bersihkan Cache Aplikasi WhatsApp

Membersihkan cache artinya membersihkan semua data-data login sebelumnya. Mungkin saja aplikasi whatsapp di Hp anda pernah digunakan login dengan nomor lain sehingga semua data-data sampah tersebut harus dibersihkan.

Pada pengaturan HP, anda akan melihat dua dua cara membersihkan cache aplikasi whatsapp.

Yang pertama adalah Clear Cache, artinya hanya menghapus data-data sampah pada login sebelumnya saja.

Yang kedua adalah Clear Data, artinya menghapus semua data pada aplikasi whatsapp dan pengaturannya, termasuk membersihkan cache.

Clear data akan membuat aplikasi whatsapp menjadi bersih kembali termasuk dengan pengaturannya seperti baru diinstall.

Berikut ini cara membersihkan cache di Hp:

  • Buka Pengaturan.
  • Manajemen Aplikasi.
  • Pilih WhatsApp.
  • Kemudian silakan klik Clear Data
  • Restart

9. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Jika semua cara diatas belum juga menyelesaikan masalah tidak bisa login di whatsapp, maka cobalah instal ulang aplikasi whatsapp.

Installasi ulang aplikasi whatsapp dilakukan agar aplikasi tersebut tidak mengalami error system (bug) terhadap sistem android. Setelah melakukan instalasi ulang maka otomatis semua data di whatsapp akan terganti secara keseluruhan.

Cara install ulang aplikasi WhatsApp:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Pilih Manajemen Aplikasi.
  3. Pilih WhatsApp, lalu kilk Uninstall.
  4. Buka Playstore.
  5. Cari WhatsApp.
  6. Klik Install.
  7. Selesai

Jika proses tersebut sudah selesai, cobalah login kembali pada whatsapp menggunakan nomor Hp anda. Biasanya masalah ini sudah bisa terselesaikan.

10. Login Melalui Handphone Lain

Cara terakhir untuk mengatasi masalah tidak bisa login di akun whatsapp adalah mencoba login di whatsapp menggunakan Hp lain.

Mengapa demikian?

Seringkali sebuah system mengalami error yang juga akan mempengaruhi kinerja aplikasi yang terinstall didalamnya. Hal ini juga berlaku pada system Android.

Banyak hal yang sering menyebabkan masalah ini, maka jangan heran jika semua aplikasi yang ada didalamnya tidak bisa berfungsi dengan baik, termasuk juga aplikasi whatsapp.

Cobalah untuk login di akun whatsapp anda melalui Hp lain. Jika berhasil, maka kemungkinan besar system di Hp anda yang error.

Untuk mengatasi masalah system yang error di Hp, solusinya sangat mudah. Silahkan backup semua data dan lakukan reset ke setelan pabrik agar system pada Hp anda kembali seperti pada saat pertama kali dibeli.

Masih Tidak Bisa Login di Akun WhatsApp?

Jika semua cara diatas belum bisa menyelesaikan masalah ini, coba kunjungi halaman pusat bantuan whatsapp untuk menemukan solusi dari masalah login atau tidak bisa masuk ke akun.

Bisa saja whatsapp sedang mengalami gangguan (down) yang akan membuat fitur-fitur tertentu menjadi tidak bisa diakses.

Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet, Teknologi dan teknik SEO yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama masalah Laptop/PC dan aplikasi Android.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA