Home Sosial Media Whatsapp Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menyimpan Kontak Baru

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menyimpan Kontak Baru

108
0
Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menyimpan Kontak Baru

WhatsApp Tidak Bisa Menyimpan Kontak – Whatsapp adalah aplikasi messenger yang banyak digunakan orang saat ini. Penggunaannya yang mudah serta fiturnya yang beragam membuat banyak orang nyaman menggunakannya. Dengan menggunakan whatsapp, anda bisa melakukan aktivitas berkirim pesan teks, gambar, suara dan video, hingga lokasi terkini.

Dalam menggunakan whatsapp, pastinya anda seringkali menerima pesan dari nomor yang tidak ada dalam daftar kontak anda. Saat itu, whatsapp akan meberikan dua pilihan apakah menyimpan nomor kontak tersebut atau langsung memblokirnya.

Setelah mengetahui siapa pengirim pesan tersebut, anda bisa menentukan pilihan untuk menyimpannya. Untuk menambahkan kontak baru dari whatsapp, caranya dengan menekan tombol tambahkan ke kontak dan memberi nama dan informasi lainnya pada kontak tersebut.

Tetapi masalah yang sering muncul adalah ketika anda tidak bisa menambahkan atau menyimpan kontak baru ke whatsapp. Padahal seharusnya aplikasi whatsapp tersebut seharusnya bisa menyimpan kontak baru tanpa hambatan apapun.

Penyebab Whatsapp Tidak Bisa Menyimpan Nomor Kontak Baru

1. Penyimpanan Kontak Sudah Penuh

Whatsapp tidak bisa menyimpan kontak kemungkinan disebabkan karena penyimpanan kontak sudah penuh. Hal ini sering terjadi jika anda menggunakan kartu SIM sebagai penyimpanan kontak.

Biasanya, kartu SIM hanya mampu menyimpan kontak maksimal hingga 250. Jika kartu SIM anda sudah berisi 250 kontak maka jangan heran jika anda tidak bisa lagi menyimpan kontak baru.

Baca: APN Telkomsel TERCEPAT dan Stabil 2020

Jika anda menggunakan penyimpanan telepon untuk menyimpan kontak, biasanya anda hanya bisa menyimpan kontak hingga 1000. Jika jumlah kontak anda sudah mencapai jumlah tersebut, kemungkinan besar anda tidak bisa lagi menambahkan kontak baru

2. Memori Internal Sudah Penuh

Memori internal yang sudah penuh akan menjadi penghambat anda untuk menyimpan kontak baru. Setiap kontak yang anda simpan tentunya membutuhkan ruang penyimpanan. Jadi, jika memori internal anda sudah penuh jangan paksakan untuk menyimpan kontak baru.

3. Nama Kontak Terlalu Panjang

Jangan menyimpan kontak dengan nama yang terlalu panjang. Beberapa perangkat biasanya hanya bisa menyimpan hingga dua kata sebagai nama kontak. Jika lebih dari itu maka anda tidak bisa menambahkan kontak baru.

4. Nomor Tidak Valid

Nomor tidak valid maksudnya jika nomor telepon seluler wajib memiliki jumlah digit 10-13 nomor, atau jika nomor darurat nomor tersebut harus benar dan tidak salah. Karena jika nomor yang ingin kita simpan tidak valid maka tidak akan bisa tersimpan.

Cara Mengatasi Whatsapp yang Tidak Bisa Menyimpan Nomor Kontak Baru

Jika anda tidak bisa menyimpan kontak dari aplikasi whatsapp, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Restart Smartphone

Melakukan restart smartphone tujuannya untuk memulai ulang sistem secara menyeluruh. Dengan melakukan restart, maka perangkat anda akan kembali berjalan normal.

Banyak masalah yang sering membuat error HP bisa diselesaikan dengan cara restart HP. Termasuk juga masalah ketika whatsapp tidak bisa menambahkan kontak baru.

Cara ini sudah terbukti pada semua merek hp yang ada seperti pada hp Samsung, Oppo, Xiaomi, Asus Zenfone, Evercross, Mito, Realme, Vivo, Advan, Huawei, maupun iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS.

2. Pastikan Aplikasi Kontak Masih Berfungsi

Aplikasi WhatsApp terhubung langsung dengan aplikasi kontak yang ada di perangkat android. Whatsapp akan otomatis membaca semua nomor yang tersimpan pada perangkat.

Hal yang sama juga terjadi ketika anda menambahkan kontak baru. Jika nomor tersebut digunakan sebagai nomor whatsapp maka otomatis nomor tersebut akan muncul sebagai salah satu daftar kontak di whatsapp.

Setiap perangkat android biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi kontak. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan yang sudah terinstall sejak pertama kali dibeli. Untuk memastikan aplikasi ini masih berfungsi dengan baik, cobalah tambahkan kontak baru melalui aplikasi kontak tersebut.

Jika anda mendapati pesan error “sayangnya kontak telah berhenti” maka bisa dipastikan aplikasi tersebut tidak berfungsi. Jika sudah demikian maka anda tidak bisa lagi menambahkan kontak baru.

Solusi dari masalah ini adalah melakukan instalasi ulang aplikasi kontak agar bisa berfungsi dengan baik. Selainitu, periksa juga memori internal apakah masih memungkinkan untuk menginstall aplikasi baru atau tidak.

3. Ganti Aplikasi Kontak

Jika anda tidak bisa menemukan solusi dari persoalan nomor dua diatas, caranya adalah mengganti aplikasi kontak default pada perangkat anda.

di Playstore, banyka sekali aplikasi kontak yang bisa anda dapatkan secara gratis dengan berbagai fitur menarik. Salah satu aplikasi kontak yang kami rekomendasikan adalah aplikasi Contacts dari google.

Selanjutnya, atur aplikasi kontak yang diunduh tadi sebagai aplikasi default di perangkat anda. Caranya dengan masuk ke Settings > Apps > Contacts > Set as default.

4. Update Aplikasi WhatsApp

Ketika aplikasi whatsapp tidak bisa menyimpan kontak baru, anda perlu memeriksa versi apllikasi anda. Pastikan untuk menggunakan aplikasi whatsapp versi terbaru agar aplikasi tersebut bisa bekerja secara maksimal diperangkat anda.

Untuk mengetahui apakah aplikasi whatsapp perlu diperbaharui, caranya dengan membuka Playstore > My apps & games > WhatsApp Messenger > Update.

Jika versi updatenya tersedia, silahkan update terlebih dahulu sampai selesai. Selanjutnya anda bisa mencoba untuk menambahkan kontak baru dari whatsapp.

5. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Jika semua cara diatas tidak berfungsi, coba lakukan backup terlebih dahulu lalu hapus aplikasi whatsapp. Anda bisa menginstall ulang aplikasi tersebut melalui playstore.

Kemungkinan penyebab anda tidak bisa menyimpan kontak karena file aplikasi ada yang rusak atau hilang karena terhapus atau bisa juga disebabkan karena penggunaan aplikasi yang tidak bersumber dari pengembang resmi.

Baca: Cara Melihat QR Kode (Barcode) WhatsApp Web

Kesimpulan:

Menggunakan whatsapp membantu anda terhubung dengan banyak orang dengan bantuan koneksi internet. Dengan aplikasi whatsapp anda bisa berkirim pesan, video, dll.

Termasuk juga anda bisa menambahkan kontak baru melalui aplikasi whatsapp yang terhubung langsung dengan aplikasi kontak diperangkat anda.

Leave a Reply